Kesenjangan antara kualitas pendidikan IPS dalam kenyataan empirik dengan tuntutan ideal, kurikulum, kehidupan praktis dan perkembangan masyarakat menuntut untuk dilakukan terus menerus inovasi pendidikan. Inovasi adalah merupakan upaya strategis dan keharusan untuk dilakukan dalam menjawab tantangan pendidikan, dalam membina kualitas manusia Indonesia yang memiliki kemampuan kompetitif dalam percaturan global.

Sifat konservatif dan masalitas pendidikan dihadapkan pada derap perubahan masyarakat yang dipacu dengan IPTEK, dapat diimbangi melalui inovasi pembelajaran, yang dibudayakan dengan dukungan kekuatan ilmu Pendidikan IPS dan keguruan, dalam wujud teori dan model pembelajaran dengan dukungan kebijakan nasional, dijadikan sebagai gerakan budaya pendidikan IPS. Kajian paradigmatik perlu menempatkan konsep inovasi pembelajaran IPS . Tidak berarti mengganti secara total semua sistern dan pengalaman dalam pendidikan, akan tetapi bersifat peningkatan, penyempurnaan dan pembaharuan.

Inovasi dalam proses pembelajaran IPS yang bertentangan dengan prinsip tersebut, akan cepat ketinggalan dan bahkan menjadi penghambat proses inovasi tersebut. Konseptual dapat menghindari munculnya kemandegan dalam pengembangan maupun penerapan hasil inovatif dalam bidang pendidikan IPS, yang mengakibatkan terjadi kedangkalan proses pembelajaran IPS.

Ingin tahu lebih jelas silakan klik disini

Untuk Power Point kli ini ajachhh