Selama ini guru lebih  banyak mengembangkan model pembelajaran berbasis pada satu guru. Sulitnya koordinasi antar guru, menyebabkan lemahnya kolaborasi dalam mengajar siswa. Paling sering guru menanyakan kepada partnernya” sampai dimana hari ini” ?. dalam pembelajaran IPS, pengajaran merupakan salah satu terobosan dalam mengembangkan model pembelajaran.

Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), meliputi bahan kajian: sosiologi, sejarah, geografi, ekonomi. Bahan kajian itu menjadi mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Mata pelajaran IPS bertujuan mengembangkan potensi peserta didik agar peka terhadap masalah sosial yang terjadi di masyarakat, memiliki sikap mental positif terhadap perbaikan segala ketimpangan yang terjadi, dan terampil mengatasi setiap masalah yang terjadi sehari-hari baik yang menimpa dirinya sendiri maupun yang menimpa kehidupan masyarakat. UNTUK DOWNLOAD MAKALAHNYA SILAKAN KLIK DISINI….